Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui konteks pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SDN Anyelir 1 Depok, input yang telah ditentukan oleh sekolah, proses pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter yang berhubungan dengan sarana prasarana, dan mengetahui hasil yang telah dicapai. Metode yang digunakan dalam evaluasi ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan melihat data dan fakta empiris. Pengambilan data dilakukan secara ilmiah yang meliputi observasi, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan guru kelas. Kesimpulan penelitian evaluasi adalah SDN Anyelir 1 Depok sudah mempunyai visi dan misi yang telah sejalan dengan tujuan pada penguatan pendidikan karakter. Juga kesiapan dari pihak sekolah, yaitu terutama adalah guru SDN Anyelir 1 Depok. Tidak hanya berusaha memenuhi standar kompetensi sebagaimana diamanatkan oleh kurikulum, tetapi juga mengarahkan siswa terbiasa memetik nilai-nilai dari pelajaran tersebut serta direalisasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Program penguatan pendidikan karakter sudah mengacu pada kurikulum 2013, dan nilai-nilai karakter tersebut sudah dicantumkan di dalam silabus maupun RPP. Dan proses pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SDN Anyelir 1 Depok meliputi aktivitas-aktivitas penyusunan program, yang terdiri dari aktivitas pihak sekolah, komite (wakil dari orangtua/ wali), serta dinas. Implikasi dari pelaksanaan program ini adalah semua komponen yang ada di lingkungan sekolah, baik itu pendidik, siswa, maupun orangtua/ wali murid, dan didukung oleh lingkungan di luar sekolah seperti masyarakat dan media yang turut mendukung pelaksanaan pendidikan karakter. Maka pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dan siswa dapat mengamalkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.