Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menidentifikasi, menguji dan
menggambarkan adanya: (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap lingkungan kerja guru Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK yang berada di wilayah Kecamatan Karawaci yang dengan jumlah sampelnya 125 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepemimpinan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (3,790 > 1,979) dan nilai koefesien jalur
sebesar 0,278. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai
0,278 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (8,818 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,648. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,648 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Ini artinya lingkungan kerja dengan kepuasan kerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap lingkungan kerja orang Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (16,622 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,832. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kepemimpinan transformasional dengan lingkungan kerja memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.
|