Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji dan mengetahui: (1) Pengaruh supervisi pengawas terhadap kepuasan kerja guru. (2) Pengaruh Hubungan kerja guru terhadap kepuasan kerja guru. (3) Pengaruh supervisi pengawas terhadap Hubungan kerja guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian survey dengan analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Dasar di Kecamatan Larangan Kota Tangerang yang berjumlah 178 orang, dengan sampel sebanyak 123 orang, teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi pengawas terhadap kepuasan kerja guru di SD Gugus 4 Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (14,864 > 1,980) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,804 dengan kategori sangat kuat. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Hubungan kerja guru terhadap kepuasan kerja guru di SD Gugus 4 Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (16,721> 1,980) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,835 dengan kategori sangat kuat. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi pengawas terhadap Hubungan kerja guru orang di SD Gugus 4 Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (15,779> 1,980) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,820. dengan kategori sangat kuat.