Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis:
Desain, Installation, Process, Product dan Programme comparison implementasi
program kinerja guru profesional di SDN Karawaci Baru 2 Korwil Karawaci Kota
Tangerang Banten. Peneliti melakukan penelitian mengenai evaluasi implementasi
kinerja guru profesional melalui model discrepancy. Model ini memuat tentang
evaluasi konteks, evaluasi input atau masukan, evaluasi proses dan evaluasi produk.
Peneliti sudah mewawancarai narasumber dan mengobservasi pelaksanaan
penilaian autentik terhadap implementasi kinerja guru profesional melalui model
discrepancy di SDN Karawaci Baru 2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa: 1) Evaluasi desain kinerja mengajar guru di SDN Karawaci Baru 2 Kota
Tangerang dalam aspek perencanaan masih ditemui kesenjangan terutama pada
aspek pemformulasian tujuan pembelajaran dalam RPP dan penyusunan bahan ajar
secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir, serta perencanaan kegiatan
pembelajaran yang masih ditemukan satu subjek teliti yang kurang sesuai dengan
indikator. Untuk aspek yang lain sudah sesuai dengan indikator; 2) Evalausi
Instalasi kinerja mengajar guru telah disusun sesuai dengan standar penilaian
kinerja mengajar guru yang ditetapkan; 3) Evaluasi proses kinerja mengajar guru di
SDN Karawaci Baru 2 Kota Tangerang dalam aspek pelaksanaan pembelajaran dari
tujuh indikator hanya dua yang masih menunjukan adanya kesenjangan yaitu
penguasaan materi pelajaran dan penerapan pendekatan atau strategi pembelajaran
yang efektif sedangkan indikator yang lain telah sesuai dengan indikator
pelaksanaan kegiatan pembelajaran (tidak ada kesenjangan); 4) Evaluasi hasil
kinerja guru di SDN Karawaci Baru 2 Kota Tangerang dalam aspek penilaian
pembelajaran telah sesuai dengan indikator atau dapat dikatakan tidak ada
kesenjangan sama sekali.
|