Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Desain, Installation, Process, Product dan Programme comparison implementasi program kinerja guru profesional di SDN Karawaci Baru 2 Korwil Karawaci Kota Tangerang Banten. Peneliti melakukan penelitian mengenai evaluasi implementasi kinerja guru profesional melalui model discrepancy. Model ini memuat tentang evaluasi konteks, evaluasi input atau masukan, evaluasi proses dan evaluasi produk. Peneliti sudah mewawancarai narasumber dan mengobservasi pelaksanaan penilaian autentik terhadap implementasi kinerja guru profesional melalui model discrepancy di SDN Karawaci Baru 2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Evaluasi desain kinerja mengajar guru di SDN Karawaci Baru 2 Kota Tangerang dalam aspek perencanaan masih ditemui kesenjangan terutama pada aspek pemformulasian tujuan pembelajaran dalam RPP dan penyusunan bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir, serta perencanaan kegiatan pembelajaran yang masih ditemukan satu subjek teliti yang kurang sesuai dengan indikator. Untuk aspek yang lain sudah sesuai dengan indikator; 2) Evalausi Instalasi kinerja mengajar guru telah disusun sesuai dengan standar penilaian kinerja mengajar guru yang ditetapkan; 3) Evaluasi proses kinerja mengajar guru di SDN Karawaci Baru 2 Kota Tangerang dalam aspek pelaksanaan pembelajaran dari tujuh indikator hanya dua yang masih menunjukan adanya kesenjangan yaitu penguasaan materi pelajaran dan penerapan pendekatan atau strategi pembelajaran yang efektif sedangkan indikator yang lain telah sesuai dengan indikator pelaksanaan kegiatan pembelajaran (tidak ada kesenjangan); 4) Evaluasi hasil kinerja guru di SDN Karawaci Baru 2 Kota Tangerang dalam aspek penilaian pembelajaran telah sesuai dengan indikator atau dapat dikatakan tidak ada kesenjangan sama sekali.