Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. (2) Keterampilan teknologi informasi dan komunikasi guru terhadap kinerja guru SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. (3) Supervisi pengawas sekolah terhadap kepemimpinan kepala sekolah se kecamatan Larangan Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah semua guru Sekolah Dasar yang terletak di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. Di mana guru SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang dibagi menjadi 2 gugus yang berjumlah 190 orang, sampelnya berjumlah 129 guru yang diambil secara acak (proporsional random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (3.532 > 1.979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,309. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai
0.309 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. ini artinya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi guru terhadap kinerja guru di SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (6.726 > 1.979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,589. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0.589 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Ini artinya keterampilan teknologi informasi dan komunikasi guru dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap keterampilan teknologi informasi dan komunikasi guru orang di SDN di Gugus 4 Kecamatan Karawaci Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (19.489 > 1.979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,866. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kepemimpinan kepala sekolah dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.
|