Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta. Rumusan masalah pada tesis ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh ideal kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta; (2) Bagaimana kepala sekolah memberikan inspirasi dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta; (3) Bagaimana kepala sekolah memberikan stimulasi intelektual dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta; (4) Bagaimana kepala sekolah memberikan perhatian secara individual dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data didapat secara alamiah yang meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan pengaruh ideal di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta yaitu kepala sekolah yaitu menjadi teladan yang baik, dan membangun komunikasi yang baik antara pendidik dan tenaga kependidikan, melakukan pengambilan keputusan bersama. (2) kepala sekolah memberikan motivasi yang menginspirasi menamankan nilai nilai karakter yang positif kepala sekolah tidak hanya berfokus kepada dirinya sendiri tapi juga ikut partisipasi dalam pelaksanann . (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan stimulasi intelektual yaitu memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya seperti pelatihan in house training. (4) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan perhatian secara individual kepala sekolah memberikan perhatian khusus seperti memberikan arahan dan bantuan terhadap tenaga pendidik yang masih belum bisa memaksimalkan membuat perangkat pembelajaran yang tersedia. Kepemimpinan