Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SDN di Gugus IV
Kecamatan Pinang Kota Tangerang. (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap terhadap kinerja guru SDN di Gugus IV Kecamatan Pinang Kota Tangerang. (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja di Gugus IV Kecamatan
Pinang Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Gugus IV Kecamatan Pinang Kota Tangerang dengan jumlah sampelnya 108 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket. Teknik analisis yang
digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis diketahui: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SDN di Gugus IV Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (7,574 > 1,543) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,593; 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru SDN di Gugus IV Kecamatan
Pinang Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (8.016 >1,543) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,614; 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja orang SDN di Gugus IV Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (18.767 > 1,543) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,877.
|