Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konteks pelaksanaan program
penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 31 Jakarta,
kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung program, proses pelaksanaan program, dan mengetahui ketercapaian pelaksanaan program. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan melihat data dan
fakta empiris. Pengambilan data dilakukan secara ilmiah yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, ketua pelaksana, operator sekolah, orang tua peserta didik dan peserta didik baru. Kesimpulan penelitian ini bahwa yang melatarbelakangi pelaksanaan program penerimaan peserta didik baru adalah terdapat kesesuaian antara visi dan misi
sekolah dengan visi dan misi program penerimaan peserta didik baru, kesiapan
sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung program yang sangat baik, diperlukan adanya kajian ulang terkait umur yang menjadi kriteria utama dalam proses penentuan calon peserta didik baru untuk diterima atau tidak pada sekolah tujuan, dan hasil program yang sesuai dengan harapan baik sekolah, peserta didik dan orang tua peserta didik meskipun belum sepenuhnya.
|