Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kajian pengaruh kepemimpian situasional dan budaya organisasi terhadap profesionalitas guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui penelitan lapangan berupa survei, kuesioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang berjumlah 310 populasi data. Populasi data dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dan didapatkan 175 guru sebagai sampel penelitian. 30 orang guru sebagai sampel uji coba yang diambil diluar sampel penelitian sesungguhnya. Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung : 1) kepemimpinan situasional terhadap profesionalitas guru, 2) budaya organisasi terhadap profesionalitas guru, 3) kepemimpinan situasional terhadap budaya organisasi. Uji coba intrumen validittas butir pernyataan dan reliabilitas intrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen profesionalitas guru memiliki reliabilitas = 0,982, kepemimpinan situasional memiliki reliabilitas =0,957, dan budaya orgaisasi memiliki reliabilitas = 0,946. Berdasarkkan hasil nilai reliabilitas (rii) setiap valiabel instrumen dinyatakan reliabel artinya layak digunakan penelitian karena nilai rii > 0,7. Hasil uji hipotesis didapatkan simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan tidak terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan situasional dan budaya organisasi terhadap profesionalitas guru ditolak, sedangkan hipotesis alternaif (H1), yang menyatakan terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan situasional dan daya organisasi terhadap profesionalitas guru diterima.