Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pendidikan inklusi pada Sekolah Islam Terpadu Permata Hati.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data dengan melakukan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping khusus, dan wali murid siswa inklusi SDIT Permata Hati.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis evaluasi implementasi pelaksanaan pendidikan inklusif di SDIT Permata Hati Bekasi yang telah diuraikan sebelumnya, sesuai pendekatan teori CIPP. Tujuan pelaksanaan pendidikan inklusif dan penyusunan visi misi sekolah dapat dinyatakan bahwa SDIT Permata Hati dalam pelaksanaannya bagus karena kebijakan yang dibuat SDIT Permata Hati tidak membedakan antara siswa regular dengan siswa berkebutuhan khusus sehingga tidak ada peng-label-an, tujuan pelakasanaan pendidikan inklusif sangat jelas yaitu mengembangkan empati anak-anak serta menanamkan nilai–nilai kebangsaan kepada seluruh siswa. Kurikulum siswa berkebutuhan khusus yaitu substitusi kurikulum yaitu beberapa bagian kurikulum anak rata-rata ditiadakan dan diganti dengan yang kurang lebih setara, model kurikulum ini untuk anak berkebutuhan khusus, dengan melihat situasi dan kondisinya karena tidak memungkinkan untuk dapat berfikir setara dengan anak rata-rata, di mana kurikulum untuk anak-anak pada umumnya tetapi guru membuat program khusus atau Programn Pendidikan Individual (PPI) di mana yang membedakannya kurikulum umum adalah pada indikator dan materi khusus yang dimiliki oleh SDIT Permata Hati Bekasi cukup memadai.
|