Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan tindak
lanjut Program Uji Sertifikasi Kompetensi pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Yapimda Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Yapimda Jakarta, pada kompetensi keahlian
Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Descriptive Evaluative Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik Purposive Sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas, ketua LSP, ketua kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, guru produktif Akuntansi dan Keuangan Lembaga, asesor kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dan siswa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Evaluasi terhadap konteks (context) pada Implementasi Program USK pada aspek kondisi lingkungan tergolong tinggi, aspek ini
meliputi (a) Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dan LSP, (b) Kebijakan tentang USK, 2) Evaluasi terhadap masukan (input) program USK tergolong sangat tinggi. Aspek ini meliputi (a) ketersediaan sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) perencanaan USK, dan (d) panitia USK. 3) Evaluasi terhadap proses (process) tergolong tinggi, aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program USK dan 4) aspek produk (product) yang didapatkan adalah berupa Sertifikat Kompetensi.
|