Iksan Rongayang. Studi Tentang Kebijakan Peningkatan Mutu Guru Dan Dampaknya Terhadap Mutu Pendidikan Di Kabupaten Halmahera Timur, (Studi kasus di Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur Propinsi Maluku Utara). Tesis program pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta, 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Kebijakan Peningkatan Mutu Guru Dan Dampaknya Terhadap Mutu Pendidikan Di Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Metode ini di pilih sesuai dengan fokus pertanyaan dan tujuan penelitian yang telah dipilih dan berkembang, baik sebelum dan sesudah penelitian. Untuk mendalami secara mendalami secara lebih mendalam permasalahan yang diajukan, dipilih beberapa informan yang terlibat langsung dalam obyek yang di teliti hingga menemukan substansinya. Informan yang dipilih sebanyak 10 orang,dengan tidak mengabaikan informan yang terkait. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Kebijakan peningkatan mutu guru di pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Timur sudah berjalan sejak kabupaten ini di mekarkan pada tahun 2003. Pelaksanaanya sesuai dengan prinsip pembangunan Nasional dan prinsip Otonomi Daerah yang meliputi penerapan, perencanaan dan evaluasi.(2) Dalam tahapan realisasi program sudah berjalan dengan baik dan tujuannya sudah terlaksana akan tetapi perlu ada peningkatan sarana prasarana pendidikan, anggaran pendidikan dan butuh peningkatan kerjasama antara stake holder pendidikan di Kabupaten Halmahera Timur. (3) Mutu pendidikan di Kabupaten Halmahera Timur setelah diterapkan kebijakan peningkatan mutu guru mengalami peningkatan dari tahun ke tahun hal ini di buktikan dengan jumlah kelulusan yang meningkat pada semua jenjang pendidikan. (4) Faktor pendukung kebijakan peningkatan mutu guru adalah kemauan guru untuk meningkatkan kompetensinya, ketersediaan anggaran pendidikan yang cukup. Sedangkan faktor penghambat kebijakan peningkatan mutu guru adalah faktor anggaran, kondisi geografis di Kabupaten Halmahera Timur turut menjadi faktor penghambat. Kepada semua pihak di Kabupaten Halmahera Timur, baik Pemerintah Daerah, Pengawas Sekolah, Guru, maupun stake holder agar lebih meningkatkan kerjasamanya, sehingga mutu pendidikan akan mengalami peningkatan dan setara dengan daerah lain.
|