Aria Nur Farida Muslicha. Hubungan antara Iklim Organisasi dan Konsep Diri dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah Daerah Jakarta Timur. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2013. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Iklim Organisasi dan Konsep Diri dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Daerah Jakarta Timur baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilaksanakan di 8 (delapan) Sekolah Dasar Muhammadiyah Daerah Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama kurang lebih tujuh bulan, mulai dari bulan April ? Oktober 2013. Metode yang digunakan adalah Metode kuantitatif, pengumpulan data melalui metode survey dengan mengedarkan kueisioner, dan analisis dengan desain analisis korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangannya adalah guru yang memiliki masa kerja minimal 3 (tiga) tahun. Guru di 8 (delapan) SD Muhammadiyah daerah Jakarta Timur berjumlah 116 orang guru dan populasi target dalam penelitian ini yaitu guru yang telah memiliki masa kerja minimal 3 (tiga) tahun sebanyak 95 orang. Untuk uji instrumen dipilih 30 orang guru dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang guru dari populasi target. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara Iklim Organisasi (X1) dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0,659 dan koefisien determinasi r2 y1 = 0,435 signifikan pada 0,05, sehingga konstribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 43,5%. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara Konsep Diri (X2) dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala (Y) dengan koefisien korelasi ry2 = 0,630, dan koefisien determinasi r2 y2 = 0,397 signifikan pada 0,05, sehingga konstribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 39,7%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara Iklim Organisasi (X1)dan Konsep Diri (X2) dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala (Y) dengan, dan koefisien korelasi ry12 = 0,706 dan koefisien determinasi r2 y12 = 0,498 signifikan pada 0,05. Hal ini menunjukkan 49,8% variasi yang terjadi pada efektivitaskomunikasi interpersonal kepala sekolah ditentukan secara bersama-sama oleh iklim organisasi dan konsep diri.
|