Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media interaktif berbasis
pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan scratch pada materi operasi
hitung bilangan cacah sampai 100.000, serta menguji kelayakan dan efektifitasnya
dalam optimalisasi kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Brog & Gall yang terdiri dari tahap 1) penelitian dan
pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba
lapangan, 5) penyempurnaan produk awal, 6) uji coba lapangan, 7)
menyempurnakan produk hasil uji lapangan dan 8) diseminasi dan implementasi.
Penelitian dilakukan di SDN Sukapura 02 pada bulan Juni hingga Oktober 2024
untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini.
Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran ini ini mencakup
berbagai fitur pembelajaran seperti asesmen awal, materi dalam bentuk teks, LKPD,
dan asesmen akhir serta games. Fitur tersebut dirancang untuk memenuhi
kebutuhan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan relevan dengan
implementasi kurikulum merdeka. (2) Penilaian ahli media diperoleh skor rata –
rata 3,43 dengan persentase 85,83% berkategori sangat layak. Penilaian ahli materi
yang dilihat pada aspek kelayakan materi secara keseluruhan diperoleh skor ratarata
sebesar 3,6 dengan persentase 95% berkategori sangat layak. (3) Uji coba
terbatas dilakukan pada 10 siswa, sementara uji coba skala luas dilakukan pada 30
peserta didik kelas 5. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan NGain
untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata hasil posttest
peserta didik meningkat sebesar 35,67 dari 49,44 menjadi 85,11 dengan nilai
N-Gain 0,72 > 0,71 yang artinya bernilai tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa
media pembelajaran berbasis scratch ini mampu mengoptimalkan hasil belajar dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik.
|