Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media interaktif berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan scratch pada materi operasi hitung bilangan cacah sampai 100.000, serta menguji kelayakan dan efektifitasnya dalam optimalisasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Brog & Gall yang terdiri dari tahap 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan, 5) penyempurnaan produk awal, 6) uji coba lapangan, 7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan dan 8) diseminasi dan implementasi. Penelitian dilakukan di SDN Sukapura 02 pada bulan Juni hingga Oktober 2024 untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran ini ini mencakup berbagai fitur pembelajaran seperti asesmen awal, materi dalam bentuk teks, LKPD, dan asesmen akhir serta games. Fitur tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan relevan dengan implementasi kurikulum merdeka. (2) Penilaian ahli media diperoleh skor rata – rata 3,43 dengan persentase 85,83% berkategori sangat layak. Penilaian ahli materi yang dilihat pada aspek kelayakan materi secara keseluruhan diperoleh skor ratarata sebesar 3,6 dengan persentase 95% berkategori sangat layak. (3) Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa, sementara uji coba skala luas dilakukan pada 30 peserta didik kelas 5. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan NGain untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata hasil posttest peserta didik meningkat sebesar 35,67 dari 49,44 menjadi 85,11 dengan nilai N-Gain 0,72 > 0,71 yang artinya bernilai tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis scratch ini mampu mengoptimalkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.