Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dan model pembelajaran ekspositori ((X1) dan Minat Belajar (X2) terhadap Literasi Sains (Y). Hipotesis yang diuji adalah (1) Tidak ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Literasi Sains Kelas IV, (2) Tidak ada pengaruh minat belajar siswa terhadap Literasi Sains Kelas IV, (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dan minat belajar terhadap Literasi Sains Kelas IV di SDN Pondok Ranggon 03 Jakarta Timur. Pendekatan ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan jenis desain Factorial 2 x 2. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pondok Ranggon 03 Jakarta Timur yaitu sebanyak 60 peserta didik.
Hasil penelitian Pertama, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,378 lebih besar jika dibandingkan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Adanya kecenderungan pengaruh model pembelajaran RQA terhadap Literasi Sains Kelas IV. Kedua, didapat nilai signifikansi sebesar 0,213 lebih besar jika dibandingkan dengan taraf signifikasi sebesar 0.05, yang disimpulkan bahawa H0 diterima dan H1 ditolak. Adanya kecenderungan pengaruh minat belajar terhadap Literasi Sains pada siswa kelas IV. Ketiga, Terdapat nilai signifikansi sebesar 0,156 lebih besar jika dibandingkan dengan taraf signifikansi sebesar 0.05, yang disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Tidak ada interaksi antara model pembelajaran RQA dan minat belajar terhadap Literasi Sains Kelas IV. Hasil penelitian pembelajaran RQA dan minat belajar terbukti ada pengaruh namun tidak signifikan. Hal ini sejalan dengan terbuktinya pengujian hipotesis yang peneliti ajukan, Pertama, adanya kecenderungan pengaruh model pembelajaran RQA terhadap Literasi Sains Kelas IV. Kedua, ada pengaruh model pembelajaran RQA dan minat belajar terhadap Literasi Sains Kelas IV. Ketiga, tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran RQA dan minat belajar terhadap Literasi Sains pada siswa Kelas IV SDN Pondok Ranggon 03.
|