Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran dan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Inggris peserta gdidik kelas II SDN Malka Sari 01 tahun ajaran 2022-2023. Data sampel yang digunakan adalah 60 peserta didik kelas II.
Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif ”Quasi Eksperiment Desain”. Variabel penelitian dari dua variabel bebas yaitu pendekatan pembelajaran sebagai variabel (X1), minat membaca sebagai variabel (X2) , dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel (Y).
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa ; (1) nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak. H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan Pengaruh pendekatan pembelajaran Metode Steinberg terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SDN Malaka Sari 01. (2) Nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima yang terdapat pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar Bahsa Indonesia kelas II SDN Malaka Sari 01. (3)Nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 maka ada perbedaan bahwa H0 di tidak di terima, maka terdapat interaksi antara metode Pembelajaran Steinberg dan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas II SDN Malaka Sari 01.
|