Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan berdasarkan sumber referensi sekunder berupa teori, konsep dan hasil publikasi sebelumnya dianaliasis untuk menjawab berbagai permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengungkap evaluasi layanan Pendidikan inklusidi SDN Tapos 1. Penelitian dilakukan denngan model evaluasi CIPP untuk mengetahui sejauh mana layanan Pendidikan inklusi sesuai dengan kebutuhan Pendidikan.metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek Kepala Sekolah, perwakilan guru, perwakilan orangtua, perwakilan peserta didik berkebutuhan khusus. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan study dokumentasi. Temuan penelitian ini dimaknai sebagai komitmen untuk memberikan Pendidikan yang setara bagi seluruh siswa. Untuk mengukur keberhasilan Pendidikan inklusif perlu adanya indikator kriteria penyelenggaran layanan Pendidikan inklusif . Evaluasi yang baik memungkinkan perbaikan berkelanjutan dalam mewujudkan Pendidikan inklusif yang lebih baik untuk semua. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan Pendidikan inklusi dilaksanakan oleh semua komponen sekolah baik itu pendidik maupun peserta didik di lingkungan sekolah dan luar sekolah yakni dari orangtua, masyarakat dan kedinasan. Hambatan dalam pelaksanaan adalah konsitensi pelasana dalam menerapkan kegaiatan layanan pendidikan inklusi. Beberapa rekomendasi penelitian ini adalah 1). Penguatan pelatihan guru, 2). Keterlibatan orangtua dan pesertadidik 3). Bantuan Guru Pembimbingan Khusus. 4). Evaluasi berkelanjutan 5). Bantuan tenaga Ahli 6).Layanan terapi 7). Alokasi Sumber Daya yang memadai 8). Memberikan dukungan khusus 9). Mendorong Pendidikan Masyarakat 10). Pengembangan budaya sekolah inklusif