Penelitian ini dilakukan berdasarkan sumber referensi sekunder berupa teori,
konsep dan hasil publikasi sebelumnya dianaliasis untuk menjawab berbagai permasalahan
dalam penelitian ini. Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengungkap evaluasi layanan
Pendidikan inklusidi SDN Tapos 1.
Penelitian dilakukan denngan model evaluasi CIPP untuk mengetahui sejauh mana
layanan Pendidikan inklusi sesuai dengan kebutuhan Pendidikan.metode yang digunakan
adalah metode kualitatif dengan subjek Kepala Sekolah, perwakilan guru, perwakilan
orangtua, perwakilan peserta didik berkebutuhan khusus. Data dikumpulkan melalui
observasi wawancara dan study dokumentasi. Temuan penelitian ini dimaknai sebagai
komitmen untuk memberikan Pendidikan yang setara bagi seluruh siswa. Untuk mengukur
keberhasilan Pendidikan inklusif perlu adanya indikator kriteria penyelenggaran layanan
Pendidikan inklusif . Evaluasi yang baik memungkinkan perbaikan berkelanjutan dalam
mewujudkan Pendidikan inklusif yang lebih baik untuk semua.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan Pendidikan inklusi
dilaksanakan oleh semua komponen sekolah baik itu pendidik maupun peserta didik di
lingkungan sekolah dan luar sekolah yakni dari orangtua, masyarakat dan kedinasan.
Hambatan dalam pelaksanaan adalah konsitensi pelasana dalam menerapkan kegaiatan
layanan pendidikan inklusi. Beberapa rekomendasi penelitian ini adalah 1). Penguatan
pelatihan guru, 2). Keterlibatan orangtua dan pesertadidik 3). Bantuan Guru Pembimbingan
Khusus. 4). Evaluasi berkelanjutan 5). Bantuan tenaga Ahli 6).Layanan terapi 7). Alokasi
Sumber Daya yang memadai 8). Memberikan dukungan khusus 9). Mendorong Pendidikan
Masyarakat 10). Pengembangan budaya sekolah inklusif
|