Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang memuat Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar dan menguji kelayakan dan efektivitasnya terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four-D yang terdiri dari tahap (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Penelitian dilakukan di SDN Cibubur 10 pada bulan Maret hingga September 2024 untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan pendekatan campuran (mixed methods), yang mengintegrasikan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Produk media pembelajaran berbasis android bermuatan Profil Pelajar Pancasila bernama PancaKidz dikembangkan dengan mengintegrasikan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui fitur materi pembelajaran, video animasi, komik strip, soal evaluasi, games, dan refleksi. (2) Validasi ahli dilakukan oleh dua ahli media dan materi. Validasi ahli materi mencakup aspek relevansi, penyajian, bahasa, efektivitas, dan soal evaluasi, dengan rata-rata skor 4,47 yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Validasi ahli media menilai aspek kemudahan penggunaan, navigasi, komunikasi visual, dan integrasi media, dengan rata-rata skor 4,75 juga termasuk kategori "Sangat Layak". (3) Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa, sementara uji coba lebih luas dilakukan pada 30 peserta didik kelas 4. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan N-Gain untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest adalah 49,67 dan posttest 86,50, dengan N-Gain sebesar 0,73 (kategori tinggi). Sebaliknya, pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest adalah 50,67 dan posttest 63,83, dengan N-Gain sebesar 0,28 (kategori rendah). Analisis kualitatif menggunakan metode tematik dari enam siswa menunjukkan tiga tema utama, yaitu Pengalaman Belajar Menyenangkan karena visual dan animasi yang menarik, Kemudahan Penggunaan yang membuat siswa bisa belajar secara mandiri, dan Peningkatan Pemahaman Profil Pelajar Pancasila yang didukung contoh nyata dan animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PancaKidz efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional, serta mendapat tanggapan positif dari peserta didik dengan skor rata-rata 4,58 dari skala 5.
|