Abstrak  Kembali
Guru dituntut memberikan pembelajaran yang mampu menggali proses terhadap hasil belajar sehingga peserta didik dapat melakukan perubahan yang bermanfaat dalam menghadapi perubahan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dan minat belajar Terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan undian kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat. Hasil dari teknik random sampling tersebut ternyata keluar pertama kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan undian kedua yang keluar kelas IV C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava dua Jalur. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa : (1) adanya pengaruh metode pembelajaran STAD terhadap hasil belajar, yaitu diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.005, maka Ho ditolak dan H1 diterima, (2) Adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat, yaitu diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0.007 < 0.005, maka Ho ditolak dan H1 diterima, 3) Adanya interaksi antara metode STAD dan minat belajar terhadap hasil belajar Kelas IV Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat, yaitu diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.005, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Maka Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi lain dan menggunakan model pembelajaran lain dalam menyampaikan materi dengan mempertimbangkan karakteristik materi, serta kelebihan dan kelemahan model pembelajaran tersebut.