Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media interaktif Flashcard bergambar bermuatan warisan budaya Indonesia berbasis canva yang layak digunakan untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Media interaktif ini dirancang untuk membantu meningkatkan keterampilan dan motivasi membaca permulaan dengan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Pegadungan 06 sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif dengan hasil validasi dan uji coba dikonversi ke dalam data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Media Interaktif Flashcard bergambar dikembangkan melalui beberapa Langkah, yaitu: (a) analisis awal untuk mendefinisikan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, (b) perancangan Flashcard bergambar bermuatan warisan budaya Indonesia yang melibatkan berbagai media seperti teks, audio, dan gambar, (c) pengembangan produk menggunakan canva dan android studio yang mencakup validasi oleh ahli dan uji coba lapangan, serta (d) penyebaran produk yang melibatkan peluncuran media interaktif Flashcard bergambar di SDN Pegadungan 06. (2) Hasil validasi menunjukkan bahwa media interaktif memperoleh rerata skor 3,33 dari ahli media dan ahli Bahasa, yang teramasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba lapangan luas dengan 60 siswa menghasilkan rerata skor 3,57, selain itu keterampilan dan motivasi memiliki nilai 91,03 % sehingga dari ketiga hasil tersebut berada dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, media interkatif Flashcard bergambar memiliki dampak positif dan layak digunakan terhadap peningkatan keterampilan dan motivasi membaca permulaan.