Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul pembelajaran IPAS berbasis teknologi augmented reality bermuatan ecoliteracy yang layak digunakan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Bagaimana memenuhi semua kebutuhan kita yang ada dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Modul ini dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep-konsep ilmiah yang kompleks serta meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Modul yang dikembangkan diuji oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji ahli media menunjukkan skor rata-rata 3,63 dari aspek tampilan dan 3,73 dari aspek penggunaan, yang masuk dalam kriteria sangat baik. Penilaian ahli materi memberikan skor 3,49 dari aspek isi dan 3,53 dari aspek pembelajaran. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa dan uji coba lapangan lebih luas pada 30 siswa, menunjukkan respon positif terhadap modul ini. Rata-rata skor dari siswa berkisar antara 3,67 hingga 3,80 untuk kualitas isi, penggunaan, dan interaktivitas. Penilaian juga menunjukkan rata-rata N-Gain sebesar 0,81, yang berarti peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan modul. Siswa juga menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap isu lingkungan,. Dengan demikian, modul pembelajaran IPAS berbasis Augmented Reality ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan literasi lingkungan siswa.