Dalam Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila merupakan
penjabaran tujuan pendidikan nasional. Hal inilah yang menjadi dasar untuk
memperkuat pendidikan karakter di SDN Jayasakti 02, karena pendidikan karakter
idealnya dapat dibangun sejak dini pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini
membahas implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan
pendidikan karakter SDN Jayasakti 02, dan sesuai dengan visi sekolah, yaitu
terwujudnya siswa yang berkarakter, budaya sekolah, berbasis lingkungan dan
berbasis teknologi.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi
kasus.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data
dan penarikan kesimpulan, dan untuk teknik validitas data menggunakan triangulasi
sumber/data. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jayasakti 02,
Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi dengan subjek penelitian ini adalah
peserta didik di SDN Jayasakti 02.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan habituasi profil pelajar
Pancasila dalam penguatan pendidikan karakter, bahwa: (1). Implementasi
habituasi profil pelajar pancasila di SDN Jayasakti 02, dilaksanakan sesuai dengan
dimensi profil pelajar pancasila dan berjalan baik. (2). Strategi implementasi
habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan karakter yang dilakukan oleh
sekolah yaitu dengan membentuk tim koordinasi pelaksanaan program habituasi
profil pelajar Pancasila sebagai forum diskusi, kolaborasi dan refleksi program
pembiasaan yang dilaksanakan. (3). Respon peserta didik terhadap program
implementasi habituasi profil pelajar pancasila mendapat tanggapan positif dari
peserta didik, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara.
|