Abstrak  Kembali
Dalam Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila merupakan penjabaran tujuan pendidikan nasional. Hal inilah yang menjadi dasar untuk memperkuat pendidikan karakter di SDN Jayasakti 02, karena pendidikan karakter idealnya dapat dibangun sejak dini pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini membahas implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan pendidikan karakter SDN Jayasakti 02, dan sesuai dengan visi sekolah, yaitu terwujudnya siswa yang berkarakter, budaya sekolah, berbasis lingkungan dan berbasis teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan, dan untuk teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber/data. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jayasakti 02, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik di SDN Jayasakti 02. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan habituasi profil pelajar Pancasila dalam penguatan pendidikan karakter, bahwa: (1). Implementasi habituasi profil pelajar pancasila di SDN Jayasakti 02, dilaksanakan sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila dan berjalan baik. (2). Strategi implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan karakter yang dilakukan oleh sekolah yaitu dengan membentuk tim koordinasi pelaksanaan program habituasi profil pelajar Pancasila sebagai forum diskusi, kolaborasi dan refleksi program pembiasaan yang dilaksanakan. (3). Respon peserta didik terhadap program implementasi habituasi profil pelajar pancasila mendapat tanggapan positif dari peserta didik, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara.