Pembelajaran differensiasi dengan e- modul merupakan pendekatan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan gaya belajarnya yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Kurangnya peserta diberi kesempatan untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas dalam memecahkan masalah. Bahan ajar inovatif yang kurang mendukung dan minat baca peserta didik yang masih rendah, sehingga mempengaruhi kemampuan berfikit kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan E-Modul dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan data, di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan ini rata-rata nilai 80,56 menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan di kelas kontrol dengan metode konvensional rata-rata nilai 70,14. Peserta didik dengan minat baca tinggi memiliki nilai rata-rata 72,22, lebih tinggi daripada yang memiliki minat baca rendah 67,36. Kesimpulannya, pendekatan berdiferensiasi dengan E-Modul serta minat baca cenderung berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 5 UPTD SD Negeri Jombang 04 Kota Tangerang Selatan pada mata pelajaran IPA.
|