Abstrak  Kembali
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berdiferensiasi dengan refleksi 4P berbasis guide note taking (catatan terbimbing) untuk peserta didik berkesulitan belajar Matematika. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari Modul Ajar, Lembar Kerja Peserta didik, Lembar Refleksi 4P berbasis Guide Note Taking, dan Asesmen Sumatif. Hasil analisis penilaian kevalidan perangkat pendukung pembelajaran menunjukkan katagori “sangat valid”. Hasil angket penilaian guru diperoleh persentase 81% dengan katagori “sangat praktis”. Kepraktisan berdasarkan penilaian peserta didik berkesulitan belajar Matematika sebesar 90% sehingga termasuk dalam katagori sangat praktis. Keefektifan model pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh melalui pre-test dan post-test. Analisis pre-test dan post-test diuji menggunakan Uji Wilxocon Signed Rank Test 5% menunjukkan peserta didik berkesulitan belajar Matematika mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan. Hasil analisis korelasi antara apresiasi peserta didik berkesulitan belajar Matematika terhadap model pembelajaran yang dikembangkan dengan hasil belajarnya menggunakan Uji Rank Spearman memperoleh nilai koefisien korelasi yaitu sebesar Sig (2-tailed) 0,004 pada taraf signifikansi 5%. Ini artinya ada korelasi positif antara apresiasi peserta didik terhadap pembelajaran berdiferensiasi dengan refleksi 4P berbasis guide note taking dengan hasil belajar Matematika.