Abstrak  Kembali
Pengaruh model pembelajaran yang sangat banyak dan beraneka ragam penting untuk keberhasilan siswa dalam memahami konsep perkalian salah satunya adalah model PBL atau problem based learning , sementara pengaruh motivasi yang beragam diantara siswa dapat berpengaruh kepada hasil belajar yang dicapai. Tujuan utama dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen apakah ada pcngaruh antara model pembelajaran PBL berbasis media tabel perkalain dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep perkalian yang akan dicapai. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain anova faktorial dua arah yang bertujuan untuk memahami apakah ada interaksi antara dua variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dari pcnelitian ini adalah siswa fase A ( siswa kelas 2 A dan B ) berjumlah 64 orang yang terdapat di SDN Makasar 02 Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian berdasarkan Spss menunjukkan : (I) uji hipotesis I pada tests of between-subjects effects menunjukkan model pembelajaran PBL berbasis media perkalian dengan nilai signifikan adalah 0,000<0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL berbasis media perkalian terhadap pemahaman konsep perkalian. (2) Sedangkan pada hipotesis 2 dari basil analisis tests of beetween-subjects effects, terlihat bahwa variabel motivasi belajar dengan nilai signifikansi (sign) sebesar 1,000>0,005. Oleh karena itu Ho diterima, dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep perkalian. (3) pengujian hipotesis 3 dari hasil analisis tests of beetween-subjects effects terlihat bahwa model PBL dan motivasi belajar dengan nilai signifikansi (sign) sebesar 1,000>0,005, karena itu Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model PBL berbasis media tabel perkalian dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep perkalian peserta didik di SDN Makasar 02.