Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontesktual dengan konsep konstruktivisme dan Gaya Belajar visual Terhadap Keterampilan Menulis Puisi kelas IV A di SDN Bekasi Jaya. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Untuk mengukur atau mengumpulkan data variable penelitian digunakan suatu perangkat instrument, yaitu skala penilaian untuk mengukur variable keterampilan menulis puisi. Keterampilan menulis puisi sebagai variable kriteria diukur dengan menggunakan tes yang dikontruksi oleh peneliti. Soal dan kisi-kisi dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada. Jadi peneliti mengambil nilai keterampilan menulis puisi pada akhir penelitian atau dalam hal ini dalam bentuk sub-sumatif. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang terkait keterampilan membaca kelas IV SDN Bekasi Jaya 1, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis didapatkan terdapat Pengaruh Model Kontesktual dengan Konsep Konstruktivisme Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Bekasi Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji anava dua jalur dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Berdasarkan hasil analisis didapatkan Pengaruh Gaya Belajar Visual terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Bekasi Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,965 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji anava dua jalur dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, 3) Berdasarkan hasil analisis didapatkan Pengaruh Model Kontesktual dengan Konsep Konstruktivisme dan Gaya Belajar Visual terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Bekasi Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.005 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji anava dua jalur dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.