Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kontesktual dengan konsep konstruktivisme dan Gaya Belajar visual Terhadap
Keterampilan Menulis Puisi kelas IV A di SDN Bekasi Jaya. Dalam penelitian ini
desain yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 40
siswa. Untuk mengukur atau mengumpulkan data variable penelitian digunakan
suatu perangkat instrument, yaitu skala penilaian untuk mengukur variable
keterampilan menulis puisi. Keterampilan menulis puisi sebagai variable kriteria
diukur dengan menggunakan tes yang dikontruksi oleh peneliti. Soal dan kisi-kisi
dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada. Jadi peneliti mengambil nilai
keterampilan menulis puisi pada akhir penelitian atau dalam hal ini dalam bentuk
sub-sumatif.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang
terkait keterampilan membaca kelas IV SDN Bekasi Jaya 1, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis didapatkan terdapat
Pengaruh Model Kontesktual dengan Konsep Konstruktivisme Keterampilan
Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Bekasi Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas
diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar
pengambilan keputusan dalam uji anava dua jalur dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak dan H1 diterima, 2) Berdasarkan hasil analisis didapatkan Pengaruh Gaya
Belajar Visual terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Bekasi
Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,965
< 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji anava dua jalur
dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, 3) Berdasarkan hasil analisis
didapatkan Pengaruh Model Kontesktual dengan Konsep Konstruktivisme dan
Gaya Belajar Visual terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN
Bekasi Jaya 1. Berdasarkan tabel output di atas diketahui nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0.005 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji
anava dua jalur dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
|