Abstrak  Kembali
Media ular tangga adalah alat bantu sederhana yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk membuat siswa lebih aktif dan meningkatkan minat belajar mereka. Banyak siswa yang belum sepenuhnya menyadari pentingnya belajar sebagai sumber pengetahuan. Pembelajaran intrakurikuler yang mencakup penanaman nilai karakter dalam Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Pembelajaran kontekstual mengaitkan proses belajar dengan kehidupan sehari-hari. Namun, minat belajar siswa masih rendah, yang terlihat dari metode, media, dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga berbasis pembelajaran kontekstual, menilai kelayakan, dan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN Gedong 03 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model 4D, melibatkan ahli media dan desain, ahli materi, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli media dan desain memberikan penilaian keseluruhan sebesar 80% (kategori layak dengan perbaikan), ahli materi mendapatkan hasil 93% (kategori layak), sedangkan responden siswa memberikan penilaian 85% (kelompok besar) dan 83% (kelompok kecil). Efektivitas media ular tangga memperoleh hasil 70% (kategori efektif), dan minat belajar siswa mencapai 82% (kategori sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbasis pembelajaran kontekstual dengan muatan Profil Pelajar Pancasila dapat meningkatkan minat belajar siswa dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya di sekolah dasar.