Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Mata pelajaran IPS umumnya masih didominasi dengan pendekatan konvensional, satu arah dan kurang melibatkan peserta didik. Akibatnya suasana pembelajaran menjadi pasif, peserta didik kurang bersemangat dan ketrampilan berpikir kritis sulit untuk dikembangkan. Sementara itu, sumberdaya abad 21 membutuhkan ketrampilan berpikir kritis tingkat tinggi yang sebaiknya ditanamkan sejak dari sekolah dasar. Sehubungan dengan hal tersebut, upaya melakukaan inovasi pembelajaran menjadi kebutuhan mutlak bagi sekolah dan guru. Salah satu inovasi pembelajaran yang dimaksud dapat dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran, yang dalam penelitian ini difokuskan pada Pengembangan Video Canva Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kemampuaan berfikir kritis.
Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin meningkatkan kondisi awal peserta didik melalui pengembangan video canva berbasis PBL sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran IPS. Jenis Penelitian yang dilakukan berupa R&D dengan model pengembangan ADDIE Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon guru dan angket peserta didik juga digunakan dalam tehnik pengumpulan data. Peserta didik yang menjadi subjek ujicoba sebanyak 30 orang di kelas VI SDN Cikini 02.
Hasil penelitian pengembangan video Canva berbasis PBL dapat mengubah proses pembelajaran konvensional menjadi lebih inovatif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Proses pengembangan video telah dilakukan sesuai ketentuan dengan adanya penilaian para ahli diperoleh skor untuk aspek media 96%, aspek materi 89%, dan aspek bahasa 92%. Rata- rata dari keseluruhan aspek adalah 92% dengan kategori sangat valid dan selanjutnya layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang dukung uji kepraktisan sebesar 87%, hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis PBL masuk pada kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pada materi “upaya mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif”
|