Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana implementasi dan
keberhasilan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta mengevaluasi
agar mendapatkan hasil yang optimal dalam mengimplementasikan pembelajaran
secara aktif terlibat dalam dunia nyata dan projek yang bermakna secara pribadi.
Dan memberikan kesempatan bagi peserta didikuntuk belajar di situasi belajar
yang berbeda dalam situasi yang tidak formal, struktur belajar yang fleksibel,
kegiatan belajar yang lebih interaktif dan juga terlibat langsung dalam lingkungan
sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP
yang meliputi Contex, Input, Process, dan Product. Sumber data dalam penelitian
ini adalah fasilitator sekolah dari Balai Besar Guru Penggerak Kemendikbud
untuk SDN Jatipadang 01 Pasar Minggu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
komite pembelajar kelas rendah dan tinggi,guru, komite sekolah. Pengumpulan
data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Evaluasi konteks menunjukkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
memiliki landasan hukum dan tujuan cukup sesuai dengan visi dan misi sekolah.
Evaluasi input menunjukkan perencanaan dari projek sudah baik, terdapat strategi
dan struktur organisasi yang sudah jelas dengan prosedur yang sesuai standar
melalui panduan penduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
sistem penerimaan peserta didik sudah cukup baik sesuai Peraturan Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 1
Tahun 2021.
Peningkatan kompetensi pendidik terus ditingkatkan melalui pelatihanpelatihan.
Pendampingan fasilitator sekolah, sesuai dengan kemampuan dan
kebutuhan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Evaluasi proses
menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran cukup baik dengan
pengembangan dan tahapan projek. Evaluasi produk menunjukkan bahwa dengan
adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berfokus pada proses
menuju kompetensi dan karakter ada nilai nilai Pancasila yang terbangun pada
anak, bukan pada produk atau hasil akhir.
|