Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana implementasi dan keberhasilan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta mengevaluasi agar mendapatkan hasil yang optimal dalam mengimplementasikan pembelajaran secara aktif terlibat dalam dunia nyata dan projek yang bermakna secara pribadi. Dan memberikan kesempatan bagi peserta didikuntuk belajar di situasi belajar yang berbeda dalam situasi yang tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif dan juga terlibat langsung dalam lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP yang meliputi Contex, Input, Process, dan Product. Sumber data dalam penelitian ini adalah fasilitator sekolah dari Balai Besar Guru Penggerak Kemendikbud untuk SDN Jatipadang 01 Pasar Minggu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite pembelajar kelas rendah dan tinggi,guru, komite sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Evaluasi konteks menunjukkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki landasan hukum dan tujuan cukup sesuai dengan visi dan misi sekolah. Evaluasi input menunjukkan perencanaan dari projek sudah baik, terdapat strategi dan struktur organisasi yang sudah jelas dengan prosedur yang sesuai standar melalui panduan penduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sistem penerimaan peserta didik sudah cukup baik sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021. Peningkatan kompetensi pendidik terus ditingkatkan melalui pelatihanpelatihan. Pendampingan fasilitator sekolah, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Evaluasi proses menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran cukup baik dengan pengembangan dan tahapan projek. Evaluasi produk menunjukkan bahwa dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berfokus pada proses menuju kompetensi dan karakter ada nilai nilai Pancasila yang terbangun pada anak, bukan pada produk atau hasil akhir.