SRI WIDADA. Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Jatinegara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun bersama-sama (simultan) dengan disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Jatinegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah guru berstatus PNS sebanyak 126 orang dari 5 Sekolah Menengah Negeri se-Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 96 orang dan sampel ujicoba instrumen sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampling secara acak dan proporsional (Proportionate Stratified Random Sampling). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan pengukuran menggunakan model Likert. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data meliputi karakeristik responden, deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan uji regresi Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,662 dan koefisien determinan sebesar 0,438, sehingga kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 43,8%. (2) Terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,648 dan koefisien determinan sebesar 0,419, sehingga kontribusi variabel budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru sebesar 41,9%. (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi ganda (ry.12) sebesar 0,747 sehingga koefisien determinannya 0,559. Hal ini menunjukkan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru sebesar 55,9%.
|