Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui program standar proses
pendidikan yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran di SD Islam Terpadu Insan
Mandiri Jakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif
evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Peneliti
menggunakan model CIPP karena untuk memudahkan peneliti dalam mengevaluasi
program pelaksaan standar proses yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan
evaluasi berkelanjutan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan memberikan
beberapa gambaran serta penilaian berdasarkan aturan BNSP yang telah ditetapkan
maupun dari peneliti sendiri berdasarkan instrumen yang digunakan, seperti
kesesuaian silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran,
kualifikasi dan kompetensi guru, serta komponen akreditasi yang sesuai dengan
Badan Akreditasi Nasional. Hasil penelitian menunjukkan pada komponen context
terdapat kesesuaian dalam tujuan landasan kebijakan program, penyusunan visi
misi sekolah, dan prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan Peraturan
Pemerintah (PP). Pada komponen input terdapat perangkat pembelajaran,
kualifikasi dan kompetensi guru yang telah sesuai dengan peraturan yang
ditetapkan. Adapun pada komponen process juga sudah sesuai aturan prosedur
dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pada kegiatan
pembelajaran. Selain itu, pada komponen product yang mengacu pada pedoman
akreditasi telah memenuhi syarat dengan hasil kualifikasi A, hal ini menunjukkan
bahwa pelaksanaan kurikulum di SD Islam Terpadu Insan Mandiri Jakarta telah
memenuhi kriteria sangat baik.
|