Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui program standar proses pendidikan yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran di SD Islam Terpadu Insan Mandiri Jakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Peneliti menggunakan model CIPP karena untuk memudahkan peneliti dalam mengevaluasi program pelaksaan standar proses yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi berkelanjutan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan memberikan beberapa gambaran serta penilaian berdasarkan aturan BNSP yang telah ditetapkan maupun dari peneliti sendiri berdasarkan instrumen yang digunakan, seperti kesesuaian silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi guru, serta komponen akreditasi yang sesuai dengan Badan Akreditasi Nasional. Hasil penelitian menunjukkan pada komponen context terdapat kesesuaian dalam tujuan landasan kebijakan program, penyusunan visi misi sekolah, dan prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP). Pada komponen input terdapat perangkat pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi guru yang telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Adapun pada komponen process juga sudah sesuai aturan prosedur dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pada kegiatan pembelajaran. Selain itu, pada komponen product yang mengacu pada pedoman akreditasi telah memenuhi syarat dengan hasil kualifikasi A, hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum di SD Islam Terpadu Insan Mandiri Jakarta telah memenuhi kriteria sangat baik.