Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang implementasi asesmen nasional berbasis computer dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dari tujuan ini dapat dilihat bahwa implementasi ANBK yang ada di sekolah SDN Cakung Barat 03 dalam meningkatakan mutu pendidikan di lihat dari hasil ANBK tahun pelajaran 2022-2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan datanya adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tahapan model Miles dan Huberman seperti: mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya beberapa hambatan atau kendala dalam mengimplementasikan ANBK di sekolah SDN Cakung Barat 03. Hasil temuan penelitian menunjukkan tentang implementasi asesmen nasional berbasis komputer di SDN Cakung Barat 03, kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ANBK, Motivasi Kepala Sekolah dan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan serta dampak implementasi ANBK terhadap upaya peningkatan mutu sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas implementasi ANBK di masa mendatang dan untuk meningkatkan mutu sekolah sangat perlu untuk: Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan untuk menyusun soal-soal yang berorientasi pada literasi dan numerasi di setiap mata pelajaran melalui workshop, Peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan untuk menerapkan digitalisasi sekolah melaui IHT pada setiap awal tahun pelajaran dan di kembangkan terus , Peningkatan sarana dan prasarana ANBK dengan pengadaan ruang laboratorium khusus ANBK, Peningkatan ketersediaan perangkat computer melalui pemanfaatan dana BOS Reguler / Afirmasi / Kinerja, Peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam manajemen pengelolaan sekolah, Peningkatan kapasitas pengawas sekolah dalam pengawsan akademik dan pengawasan manajerial, Serta adanya pemberdayaan wadah KKG, K3S, KKPS dalam menyelesaikan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kesemuanya untuk meningkatkan mutu sekolah pada saruan pendidikan