Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) merupakan program
yang dilontarkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk sekolah yang memiliki banyak
peserta didik yang dikategorikan miskin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi implementasi program Penyediaan Makanan Tambahan Anak
Sekolah berdampak terhadap peningkatan gizi anak sekolah dan minat belajar
peserta didik di sekolah dasar khususnya SDN Kebayoran Lama Selatan 05.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix methode dengan
Sequential Explanatory Design dengan model evaluasi CIPP yang meliputi
Contex, Input, Process, dan Product. Dalam penelitian ini desain yang digunakan
adalah….Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 – 6 yang
berjumlah 180 peserta didik terdiri dari 30 peseta didik untuk uji coba dan 150
peserta didik untuk penelitian Di mana dengan menggunakan perhitungan sample
slovin maka diperoleh data sample 109 peserta didik.
Evaluasi contex menunjukkan program Penyediaan Makanan Tambahan Anak
Sekolah (PMTAS) ini memiliki landasan hukum yang sesuai dengan visi dan misi
serta tujuan sekolah dan kurikulum sekolah. Evaluasi input menunjukkan
perencanaan dari program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah
(PMTAS) sudah baik karena strategi dan struktur organisasi sudah jelas sesuai
peraturan perundang-undangan sehingga pembagian tugas tim, jadwal pemberian
menu PMTAS, serta nilai gizi pada makanan tersebut sudah sesuai dengan
kebijakan Dinas Kesehatan. Evaluasi process menunjukkan bahwa proses
pembelanjaan, pengelolaan bahan baku dan bahan jadi terlaksana dengan baik.
Hal ini dibuktikan dengan pendistribusian menu tersebut kepada peserta didik
sudah tepat waktu sesuai dengan sosialisasi yang diberikan sebelumnya. Evaluasi
Product menunjukkan bahwa dengan adanya program Penyediaan Makanan
Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) meningkatkan minat belajar peserta didik,
tinggi badan dan berat badan
|