Abstrak  Kembali
Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) merupakan program yang dilontarkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk sekolah yang memiliki banyak peserta didik yang dikategorikan miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah berdampak terhadap peningkatan gizi anak sekolah dan minat belajar peserta didik di sekolah dasar khususnya SDN Kebayoran Lama Selatan 05. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix methode dengan Sequential Explanatory Design dengan model evaluasi CIPP yang meliputi Contex, Input, Process, dan Product. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah….Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 – 6 yang berjumlah 180 peserta didik terdiri dari 30 peseta didik untuk uji coba dan 150 peserta didik untuk penelitian Di mana dengan menggunakan perhitungan sample slovin maka diperoleh data sample 109 peserta didik. Evaluasi contex menunjukkan program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) ini memiliki landasan hukum yang sesuai dengan visi dan misi serta tujuan sekolah dan kurikulum sekolah. Evaluasi input menunjukkan perencanaan dari program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) sudah baik karena strategi dan struktur organisasi sudah jelas sesuai peraturan perundang-undangan sehingga pembagian tugas tim, jadwal pemberian menu PMTAS, serta nilai gizi pada makanan tersebut sudah sesuai dengan kebijakan Dinas Kesehatan. Evaluasi process menunjukkan bahwa proses pembelanjaan, pengelolaan bahan baku dan bahan jadi terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan pendistribusian menu tersebut kepada peserta didik sudah tepat waktu sesuai dengan sosialisasi yang diberikan sebelumnya. Evaluasi Product menunjukkan bahwa dengan adanya program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) meningkatkan minat belajar peserta didik, tinggi badan dan berat badan