| 
      Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif pada mata Pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kamal 07 tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa yang dibagi menjadi dua bagian, Dimana 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa lainnya sebagai kelas control.
Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian eksperimen yang mengguakan quasy eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu pembelajaran berdiferensiasi (X1) dan gaya belajar (X2) serta variabel terikatnya adalah variabel keterampilan berpikir kreatif (Y).
Berdasarkan hipotesis dan analisis data dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Pada perhitungan hipotesisi I, diperoleh diperoleh Fhitung = 0,72 dan Ftabel = 4,07 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 42 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 0,72 < 4,07 atau Fhitung < Ftabel maka H0 diterima dan H1 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada cenderung terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap ketrampilan berpikir kreatif. (2) Pada perhitungan hipotesis II, diperoleh Fhitung = 3,05 dan Ftabel= 4,07 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 42 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 3,05 < 4,07 atau Fhitung < Ftabel maka H0 diterima, H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan cenderung terdapat pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif. (3) Pada perhitungan hipotesis III, diperoleh Fhitung = 0,88 dan Ftabel = 4,07 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 42 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 0,88 < 4,07 atau Fhitung < Ftabel maka H0 diterima, H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan tidak ada interaksi antara pembelajaran berdiferensiasi dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif.
     |