Abstrak  Kembali
Pada penelitian ini peneliti mau melihat pengaruh penggunaan aplikasi mobile phone teori peluang berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis pada siswa MA Ibnu Taimiyah kelas 12 tahun pelajaran 2023/2024, penelitian ini menggunakan model kuasi eksperimen berjenis nonequivalent control group design, terdapat 27 siswa pada kelas kontrol (mendapat pembelajaran konvensional) dan 21 siswa di kelas eksperimen (mendapat pembelajaran menggunakan aplikasi mobile phone teori peluang berbasis RME), dilakukan 2 tes yaitu tes awal penalaran matematis dan tes penalaran matematis setelah pembelajaran. Analisa yang digunakan adalah Analisa ANOVA dua jalur dan satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa MA Ibnu Taimiyah Bogor (F hitung 7.34 dan F tabel 4.07), 2) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi berbasis RME terhadap kemampuan awal tinggi (F hitung 10.90 dan F tabel 5.32), 3) tidak ada pengaruh aplikasi berbasis RME terhadap kemampuan awal sedang (F hitung 0.00 dan F tabel 4.18), 4) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi berbasis RME terhadap kemampuan awal rendah (F hitung 36.71 dan F tabel 5.59), dan 5) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan aplikasi berbasis RME terhadap kemampuan awal matematis(F hitung 6.08 dan F tabel 3.22)