Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir siswa dengan menggunakan pendekatan Inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic dengan materi fungsi kuadrat. Dari 128 siswa diambil sampel dengan menggunakan teknik purpose sampling sebanyak 6 siswa yang dijadikan subjek penelitian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir matematis siswa meningkat setelah menggunakan pendekatan Inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic pada materi fungsi kuadarat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis study kasus. Instrument yang digunakan tes kemampuan berpikir matematis soal, wawancara, dan observasi yang telah di uji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil analisi tes yang dilakukan secara tertulis didapatkan bahwa nilai rata-rata setiap siswa mengalami peningkatan dan berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada proses pembelajaran bahwa dengan menggunakan pendekatan Inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic siswa dengan mudah memahami grafik fungsi dan dapat menemukan apa saja yang ada di dalam grafik sehinga membuat siswa secara aktif berpikir untuk menemukan yang ada pada grafik secara mandiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) adanya peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic (2) adanya peningkatan peran aktif siswa dalam penyelesaikan masalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic. Dan berdasarkan indikator-indikator kemapuan berpikir matematis dari 6 siswa semua memenuhi indikator pencapaian kemampuan berpikir dengan baik. Jadi secara efektif penggunaan pendekatan Inquiry based learning berbantu media Microsoft mathematic dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa.