Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam
materi kaidah pencacahan dan mengatasinya dengan mengembangkan desain
pembelajaran didaktik. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Kota Bekasi pada
tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode Didactical Design
Research (DDR) dalam tiga tahap, yaitu analisis prospektif, metapedadik, dan
retrospektif. Hasil analisis prospektif menyatakan bahwa 72,56% dari 30 siswa
mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dihadapi termasuk
mengekspresikan bentuk angka menggunakan notasi faktorial, permutasi dari elemen
yang sama, perbedaan permutasi dan kombinasi. Sedangkan hasil analisis metapedadik
menunjukkan kesulitan dalam bentuk faktorial perkalian bilangan tidak berurut yang
sebelumnya tidak diprediksi, sehingga antisipasi diberikan dengan mengingatkan siswa
bahwa dalam perkalian berlaku sifat asosiatif, yaitu bilangan dapat diubah posisinya,
sehingga memudahkan siswa menganalisis bentuk perkalian bilangan apakah itu
faktorial atau non-faktorial. Selanjutnya analisis retrospektif menghasilkan desain
didaktik revisi yang meliputi penambahan redaksi penugasan berupa panduan langkahlangkah
dalam menemukan rumus permutasi unsur yang sama dan redaksi penugasan
pada perbedaan konsep permutasi dan kombinasi. Kesimpulan dari penelitian adalah
desain didaktik yang diberikan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam materi aturan
pencacahan.
|