Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam materi kaidah pencacahan dan mengatasinya dengan mengembangkan desain pembelajaran didaktik. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode Didactical Design Research (DDR) dalam tiga tahap, yaitu analisis prospektif, metapedadik, dan retrospektif. Hasil analisis prospektif menyatakan bahwa 72,56% dari 30 siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dihadapi termasuk mengekspresikan bentuk angka menggunakan notasi faktorial, permutasi dari elemen yang sama, perbedaan permutasi dan kombinasi. Sedangkan hasil analisis metapedadik menunjukkan kesulitan dalam bentuk faktorial perkalian bilangan tidak berurut yang sebelumnya tidak diprediksi, sehingga antisipasi diberikan dengan mengingatkan siswa bahwa dalam perkalian berlaku sifat asosiatif, yaitu bilangan dapat diubah posisinya, sehingga memudahkan siswa menganalisis bentuk perkalian bilangan apakah itu faktorial atau non-faktorial. Selanjutnya analisis retrospektif menghasilkan desain didaktik revisi yang meliputi penambahan redaksi penugasan berupa panduan langkahlangkah dalam menemukan rumus permutasi unsur yang sama dan redaksi penugasan pada perbedaan konsep permutasi dan kombinasi. Kesimpulan dari penelitian adalah desain didaktik yang diberikan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam materi aturan pencacahan.