Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengembangan Kemampuan Pemahaman
Matematis Siswa Melalui Pendekatan PMRI Pada Pokok Bahasan Garis Singgung
Lingkaran Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Bekasi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah design research yang merupakan kegiatan
mendesain intervensi pendidikan yang sistematis yang terdiri atas kegiatan
perancangan, pengembangan, dan evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki
atau meningkatkan kualitas kegiatan atau program pendidikan. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana
sebagian populasi dijadikan sampel sehingga sampel penelitian berjumlah 144
siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Temuan
menunjukkan bahwa instrumen penilaian pada PMRI pada topik garis singgung
lingkaran dapat dikategorikan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan Hasil dari
uji reliabilitas pada variabel pemahaman matematis siswa dapat dilihat bahwa
nilai variabel ini lebih tinggi dari pada nilai dasar yaitu 0,840 > 0,60 hasil tersebut
membuktikan bahwa semua pernyataan dalam kuesioner pemahaman matematis
siswa dinyatakan reliabel. Hasil dari uji reliabilitas pada variabel Pendekatan
PMRI dapat dilihat bahwa nilai variabel ini lebih tinggi dari pada nilai dasar yaitu
0,678 > 0,60 hasil tersebut membuktikan bahwa semua pernyataan pada variabel
ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang
telah diuraikan, maka penelitian ini telah menghasilkan soal-soal untuk
Pengembangan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pendekatan
PMRI pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII yang memenuhi
kriteria valid, praktis dan efektif. ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan
penyajian dan penilaian bahasa.
|