Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengembangan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pendekatan PMRI Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research yang merupakan kegiatan mendesain intervensi pendidikan yang sistematis yang terdiri atas kegiatan perancangan, pengembangan, dan evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas kegiatan atau program pendidikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana sebagian populasi dijadikan sampel sehingga sampel penelitian berjumlah 144 siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa instrumen penilaian pada PMRI pada topik garis singgung lingkaran dapat dikategorikan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan Hasil dari uji reliabilitas pada variabel pemahaman matematis siswa dapat dilihat bahwa nilai variabel ini lebih tinggi dari pada nilai dasar yaitu 0,840 > 0,60 hasil tersebut membuktikan bahwa semua pernyataan dalam kuesioner pemahaman matematis siswa dinyatakan reliabel. Hasil dari uji reliabilitas pada variabel Pendekatan PMRI dapat dilihat bahwa nilai variabel ini lebih tinggi dari pada nilai dasar yaitu 0,678 > 0,60 hasil tersebut membuktikan bahwa semua pernyataan pada variabel ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka penelitian ini telah menghasilkan soal-soal untuk Pengembangan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pendekatan PMRI pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan penilaian bahasa.