Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri perbantukan IXL Math & Phet terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis matematis materi bilangan bulat pada siswa kelas 6 SD ABC KIDS Kota Wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Posttest Only Control Design dengan desain True Eksperiment Design dengan total populasi kelas 6 sebanyak 87 siswa, sampel yang diambil sebanyak 76 siswa kelas 6 SD ABC KIDS Kota Wisata yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji - t. Untuk menguji perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian didapat bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada bilangan bulat antara siswa yang diajarkan model inkuiri perbantukan IXL Math & Phet dengan siswa yang tidak diajarkan. Model pembelajaran inkuiri perbantukan IXL Math & Phet tidak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan bulat.
|