Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi materi bilangan cacah pada siswa slow learner kelas 3 SDIT Miftahul Ulum Kota Depok. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan utama: (1) Bagaimana penyesuaian materi bilangan cacah dilakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi pada siswa slow learner? (2) Bagaimana proses pembelajaran berdiferensiasi diterapkan untuk membantu siswa slow learner memahami operasi hitung bilangan cacah? (3) Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi mengakomodasi hasil kerja atau produk yang berbeda dari siswa slow learner dalam materi bilangan cacah? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian materi dilakukan melalui penggunaan alat bantu visual, penyederhanaan konsep, pengulangan materi, penggunaan bahasa yang sederhana, dan contoh konkret dari kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran berdiferensiasi melibatkan pembagian siswa ke dalam kelompok kecil, metode pembelajaran yang bervariasi, dan bimbingan tambahan. Pembelajaran berdiferensiasi juga mengakomodasi hasil kerja yang berbeda melalui tugas beragam dan evaluasi fleksibel, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Penyesuaian materi, proses pembelajaran yang bervariasi, dan pengakomodasian hasil kerja memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa slow learner.