Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran
berdiferensiasi materi bilangan cacah pada siswa slow learner kelas 3 SDIT
Miftahul Ulum Kota Depok. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan utama: (1)
Bagaimana penyesuaian materi bilangan cacah dilakukan dalam pembelajaran
berdiferensiasi pada siswa slow learner? (2) Bagaimana proses pembelajaran
berdiferensiasi diterapkan untuk membantu siswa slow learner memahami operasi
hitung bilangan cacah? (3) Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi
mengakomodasi hasil kerja atau produk yang berbeda dari siswa slow learner dalam
materi bilangan cacah? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian materi dilakukan melalui penggunaan
alat bantu visual, penyederhanaan konsep, pengulangan materi, penggunaan bahasa
yang sederhana, dan contoh konkret dari kehidupan sehari-hari. Proses
pembelajaran berdiferensiasi melibatkan pembagian siswa ke dalam kelompok
kecil, metode pembelajaran yang bervariasi, dan bimbingan tambahan.
Pembelajaran berdiferensiasi juga mengakomodasi hasil kerja yang berbeda
melalui tugas beragam dan evaluasi fleksibel, serta meningkatkan motivasi belajar
siswa. Penyesuaian materi, proses pembelajaran yang bervariasi, dan
pengakomodasian hasil kerja memberikan dampak positif dalam meningkatkan
pemahaman dan motivasi belajar siswa slow learner.
|