Tesis ini bertujuan untuk pembelajaran matematika melalui model
problem based learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa kelas V
SDN Satria Jaya 03 dengan berbantuan media petak atau Table Size di Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof.
DR. HAMKA (UHAMKA).
Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis
PTK yang digunakan adalah jenis partisipan. Waktu penelitian 1 bulan. Metode
penelitian saya terdiri dari merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan
menyempurnakan studi penelitian. Saya hanya menggunakan 3 siklus.
Pembelajaran matematika dengan model problem based learning dapat
mendorong siswa terlibat lebih akif, dapat berfikir kritis, membangun
kolaborasi, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan analitis
dalam proses belajarnya. Hal ini dapat terlihat dari proses diskusi dan aktivitas
belajar siswa kelas V.
Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan literasi
matematis siswa dengan menggunakan media petak pada pokok bahasan
penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam bentuk pecahan di kelas VE SDN
Satria Jaya 03 Tambun Utara. Hal ini dapat terlihat dari jawaban siswa yang
dalam perkembangan menjawab dan membaca soal yang diberikan masingmasing
tiap siklus naik turun peningkatannya. Nilai rata-rata siswa saat siklus 1
adalah 73,15 dan mengalami peningkatan menjadi 76,39 pada siklus 2.
Peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus 3 yaitu menjadi 92,87.
Berdasarkan kesimpulan penelitian yang diatas pembelajaran
matematika dengan model problem based learning dapat meningkatkan literasi
matematis siswa dapat mendorong siswa berpikir kritis dan analitis untuk
memecahkan masalah matematika yang kompleks. Dengan menggunakan
media petak, siswa dapat menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam dan
keterampilan berpikir kritis. PBL sering kali melibatkan kerja kelompok
kolaboratif, dimana siswa bekerja sama untuk memecahkan masalah. Hal ini
meningkatkan keterampilan kerja tim, komunikasi, dan kerja sama di
antara anak-anak, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja
secara efektif dalam kelompok
|