Abstrak  Kembali
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk pembelajaran berupa e-worsheet berbasis etnomatematika masjid jami assalafiyah untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII agar dapat menanamkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan menentukan kualitas media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Ada empat tahap: mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Kemampuan pemecahan masalah matematis terdapat empat indokator: orientation, planning, executing, dan checking. Penelitian ini dikembangkan dan diuji cobakan disalah satu SMP di Jakarta. E-worsheet yang dikembangkan diuji cobakan pada 33 peserta didik menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa media yang telah dikembangkan secara keseluruhan terhadap kualitas media e-worksheet memiliki persentase 92,86% dan terhadap kualitas materi e-worksheet memiliki persentase 96,53%. Hasil e-worksheet matematika berbasis etnomatematika masjid jami assalafiyah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis berada di skala 85,00 - 100, hal ini termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-worsheet berbasis etnomatematika memiliki kualitas yang sangat baik dan dapat dijadikan alternatif efektif dalam pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.