Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran matematika pada materi bangun datar kelas IV di SD Islam Al-‘Alaa Gunungputri. Saat ini SD Islam Al-‘Alaa hanya memiliki media pembelajaran buku paket tematik dan infocus untuk mata pelajaran bersifat teori. Pembelajaran mengenai bangun datar menjadi terhambat karena media pembelajaran buku paket yang digunakan hanya berupa teks dan gambar, kondisi ini membuat peserta didik bosan dan tidak fokus saat belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan tema Etnomatematika Kain Tenun Nusantara merupakan solusi yang baik dalam mempelajari materi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) yang mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Tahapan tersebut adalah : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (disseminate). Media pembelajaran ini memiliki fitur Augmented Reality yang akan menampilkan bangun datar dengan motif kain tenun nusantara dilengkapi dengan vidio penjelasan sifat-sifat dari bangun datar tersebut. Dalam penelitian ini diharapkan akan meningkatkan aspek kognitif peserta didik, membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran serta meningkatnya minat belajar peserta didik.
|