Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa berbantuan Google Sites ditinjau dari Self-Efficacy siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian
studi kasus. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMPIT Al
Haraki yang terdaftar pada semester genap di tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel
yang diteliti sebanyak 24 siswa dari dua kelas berbeda yang masing-masing kelas
diambil 12 siswa sebagai sampel. Sampel diambil berdasarkan kemampuan
matematikanya dilihat dari nilai ujian yang pernah dilakukan sebelumnya. Sampel
diambil berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil
penelitian menunjukkan untuk kode kemampuan pemecahan masalah, yang
pertama kode “memahami masalah” memunculkan 7 aspek. Kode kedua adalah
“merencanakan penyelesaian” memunculkan 2 aspek. Kode ketiga adalah
“melaksanakan rencana penyelesaian” memunculkan 3 aspek. Kode keempat
adalah “memeriksa kembali” memunculkan 4 aspek. Kode terkait Google Sites
yang pertama adalah kode “Kegunaan Google Sites” memunculkan 7 aspek. Kode
kedua adalah “Efektivitas Google Sites” memunculkan 7 aspek. Kode ketiga adalah
“menumbuhkan rasa percaya diri” memunculkan 6 aspek. Kode keempat adalah
“penerapan google sites” memunculkan 7 aspek. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa siswa dan siswi sampel memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik
sesuai dengan indikator Polya dan media Google Sites sangat efektif dan efisien
untuk diterapkan dalam pembelajaran. Media Google Sites dapat membantu
melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa dan siswi juga
memiliki self-efficacy yang tinggi dan hasil ini sesuai dengan kemampuan
matematikanya.
|