Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbantuan Google Sites ditinjau dari Self-Efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMPIT Al Haraki yang terdaftar pada semester genap di tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang diteliti sebanyak 24 siswa dari dua kelas berbeda yang masing-masing kelas diambil 12 siswa sebagai sampel. Sampel diambil berdasarkan kemampuan matematikanya dilihat dari nilai ujian yang pernah dilakukan sebelumnya. Sampel diambil berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan untuk kode kemampuan pemecahan masalah, yang pertama kode “memahami masalah” memunculkan 7 aspek. Kode kedua adalah “merencanakan penyelesaian” memunculkan 2 aspek. Kode ketiga adalah “melaksanakan rencana penyelesaian” memunculkan 3 aspek. Kode keempat adalah “memeriksa kembali” memunculkan 4 aspek. Kode terkait Google Sites yang pertama adalah kode “Kegunaan Google Sites” memunculkan 7 aspek. Kode kedua adalah “Efektivitas Google Sites” memunculkan 7 aspek. Kode ketiga adalah “menumbuhkan rasa percaya diri” memunculkan 6 aspek. Kode keempat adalah “penerapan google sites” memunculkan 7 aspek. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa dan siswi sampel memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik sesuai dengan indikator Polya dan media Google Sites sangat efektif dan efisien untuk diterapkan dalam pembelajaran. Media Google Sites dapat membantu melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa dan siswi juga memiliki self-efficacy yang tinggi dan hasil ini sesuai dengan kemampuan matematikanya.