Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terdapat atau tidaknya pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan explanatory Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Populasi sebagai alat analisis penelitian adalah siswa kelas I-VI di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta sebanyak 167 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 100 orang.
Uji instrumen dengan uji validitas pada variabel disiplin belajar terdapat 21 butir valid dari 36 butir yang diujikan, variabel motivasi belajar terdapat 24 butir yang valid dari 30 butir yang diujikan, dan variabel prestasi belajar yang didapat dari nilai rapot matematika semester ganjil tahun ajaran2021-2022. Uji asumsi klasik menjadi uji persyaratpada penelitian ini dengan menggunakan SPSS 21.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi. Pada uji regresi sederhana prestasi belajar diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 5,254, prestasi belajar atas motivasi belajar diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 4,457, dan prestasi belajar atas disiplin belajar dan motivasi belajar diperoleh 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 14,651. Sedangkan besar pengaruhnya atau koefisien determinasi untuk disiplin belajar atas prestasi belajar adalah 22%, motivasi belajar atas prestasi belajar matematika adalah 16,9% dan disiplin belajar dan motivasi belajar atas prestasi belajar matematika 23,2%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
|