Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar statistika berbasis project based learning untuk meningkatkan literasi statistik. Rumusan masalah penelitian adalah : (1) Bagaimana kelayakan modul statistika berbasis project based learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi statistik peserta didik? (2) Bagaimana tingkat efektivitas modul statistika berbasis project based learning dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik peserta didik?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Implementasi hasil pengembangan di laksanakan pada SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan kelas X.5 Tahun pelajaran 2022/2023.Kesimpulan penelitian adalah modul statistika yang dikembangkan layak digunakan untuk penelitian dan memiliki tingkat efektifitas sedang untuk meningkatkan literasi statistik peserta didik. Terdapat perbedaan rata-rata literasi matematik peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan modul statistika berbasis project based learning.
|