Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktualisasi dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis laporan hasil observasi siswa. Sesuai dengan judul diatas penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 1 Tukak Sadai Metode yang digunakan adalah kuantitatif ekperimen, menggunaan 60 sampel penelitian, pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji Anova dua jalur, dihitung menggunakan Aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: Tes Pengujian Soal (1) Model Pembelajaran = 11,251 > = 3,35. (2) Penguasaan Kosakata = 103,924> = 3,35. (3) Model Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata = 1,402 > = 3,35. Tes Menulis (1) Pengujian Tes Esai Model Pembelajaran = 217,864> = 3,35 (2) Penguasaan Kosakata = 64,819> = 3,35.. (3) Model Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata = 4,147 > = 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran aktualisasi dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis laporan observasi
|