Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang meliputi: (1) analisis elemen dan capaian pembelajaran, (2) perancangan bahan ajar, (3) pengembangan bahan ajar yang telah dirancang, (4) penerapan bahan ajar kepada siswa, dan (5) evaluasi terhadap bahan ajar yang telah dinilai. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta dengan melibatkan siswa jurusan Teknik Ketenagalistrikan (TKL) berjumlah 29 siswa, Teknik Otomotif (TO) berjumlah 27 siswa, dan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) berjumlah 35 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Al-Islam untuk kelas XI dinyatakan sangat layak digunakan dengan penilaian dari ahli materi sebesar 95% dan ahli media sebesar 97%, serta dilanjutkan uji coba untuk memberi respon terhadap produk bahan ajar yang dilakukan oleh 91 siswa memperoleh persentase sebesar 91%.
|