2024
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menginvestigasi korelasi antara intensitas bermain game online dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika. Sampel penelitian terdiri dari 126 siswa kelas 5 yang bersekolah di SDN Warakas 01, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasional. Data mengenai hasil belajar Matematika diperoleh melalui tes, sementara data mengenai intensitas bermain game online dan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket atau kuesioner. Instrumen penelitian disebarkan melalui lembar kertas kepada responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2019 dan SPSS versi 27.
Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara kecanduan game online (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika (Y) siswa kelas V SDN Warakas 01. Pengambilan keputusan berdasarkan perolehan nilai korelasi yaitu sebesar 0,198.
|