Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep matematika dengan desain
pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa
Sekolah Dasar terhadap operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Melalui pendekatan
design research yang interatif, penelitian ini melibatkan proses perancangan, implementasi,
dan revisi yang berkelanjutan dengan mendisain lintasan belajar melalui proses Local
Instructional Theory (LIT). Desain pembelajaran yang dikembangkan mengintegrasikan
berbagai representasi (konkret, visual, dan simbolik), konteks nyata, dan aktivitas yang
menuntut siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang didasarkan pada teori
kontruktivisme dengan menekankan pentingnya belajar aktif dan bermakna bagi siswa melalui
kegiatan fun cooking. Populasi dan sampel penelitian adalah Siswa SD di SDN Pancoran 010
Pagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan wawancara.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
desain pembelajaran yang dihasilkan mampu meningkatkan secara signifikan kemampuan
siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan, menjelaskan konsep pecahan dengan
menggunakan berbagai representasi, serta menerapkan konsep pecahan dalam aktivitas nyata. Selain itu penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan desain pembelajaran matematika yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa, serta memperkaya kajian tentang penerapan design research dalam konteks pendidikan matematika
|